credit union - mengenal aktivis creit union
Apa itu Aktivis Credit Union
Aktivis / Komite / Kelompok Inti / sebutan lainnya adalah relawan yang membantu tugas Pengurus melaksanakan atau mengimplementasikan program kerja yang sudah ditetapkan organisasi. Diangkat oleh Pengurus dalam batas waktu tertentu dan dieveluai kinerjanya setiap tahun.Merupakan Mitra kerja manajemen dalam menjalankan tugas manajemen di Tempat Pelayanan atau Kantor Pelayanan mitra manajemen agar program kerja tercapai dan bertanggung jawab kepada Pengurus.
Aktivis Credit Union dapat membantu tugas pengawas dalam melakukan pemeriksaaan dan pengawasan apabila pengawas membutuhkan tenaga tambaghan. Dalam hal ini aktivis perlu diberikan pembekalan bagaiman memeriksa dan melakukan pengawasan di tempat pelayanan.
Alat resmi Aktivis Credit Union dalam melakukan tugas.
- Rapat Pengurus bersama Komite (3 bulan 1 kali), mengikuti rapat kordinasi, tindak lanjut atau evaluasi perkembangan TP yang di lakukan oleh komite dalam membantu tugas Pengurus.
- Lokakarya (sesuai kebutuhan), diadakan untuk membahas sesuai waktu
- Pra Strategic Plan / Business Plan (1 tahun 1 kali), diadakan menjelang akhir tahun umumnya bulan November, mengikuti dan mengusulkan rencana perbaikan pola kebijakan, rencana kegiatan dan rencana lain untuk program kerja tahun mendatang.
- Strategic Plan, (setiap 3 tahun) mengikuti penetapan arah yang akan dicapai oleh organisasi, mengikuti pembahasan misi, visi dan nilai-nilai organisasi yang diimplementasikan untuk menjawab persoalan strategis (dari perspektif keuangan, kepuasan anggota, bisnis internal dan pembelajaran pertumbuhan), kemudian menjabarkan pernyataan misi organisasi serta menetapkan sasaran yang akan dicapai setiap tahun dalam waktu 3 tahun.
- Business Plan (tiap tahun), diadakan menjelang tutup tahun umumnya bulan Desember, mengikuti dan mengusulkan program kerja tahun mendatang berdasarkan evaluasi atau rekomendasi dari Pra Business Plan.
- Organizational Development (1 tahun 1 kali), umumnya diadakan awal Januari, mengikuti sosialisasi dan pemantapan atas program kerja yang sudah ditetapkan, kepada seluruh unsur organisasi (Pengurus, Pengawas, Komite dan Manajemen) agar memiliki pemahaman yang sama.
- Monitoring dan Evaluasi (1 tahun 3 kali), umumnya dilakukan bulan April, Juli, Oktober. mengikuti dan mengusulkan pembahasan hasil pencapaian kierja atas program yang ditetapkan dan mencari solusi apabila target tidak tercapai.
- Pra RAT (setiap TP atau gabungan TP 1 kali), umumnya dilakukan bulan November/Desember, melaporkan hasil pencapaian TP kepada seluruh anggota TP, memilih utusan perwakilan RAT, mengadakat lokakarya (optional), memberikan rekomendasi kepada perwakilan RAT atas aspirasi yang ada.
- Rapat Anggota Tahunan (tiap tahun 1 kali), maksimal 3 bulan setelah tutup buku, menjadi bagian, panitia pelaksana dan mengikuti kegiatan sampai dengan selesai